Thursday, April 2, 2020

Materi dan Soal Daring Akidah Akhlak Kelas 3, Jum'at 3 April 2020

Tags

Beranda


Bacalah Materi dibawah ini terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal daring Akidah Akhlak




Akidah Akhlak ( Memiliki sikap rukun dan tolong menolong)


HIDUP RUKUN

Hidup rukun artinya hidup damai dan tidak bertengkar. Dalam firman Allah surat al- Hujurat ayat 13 telah dijelaskan bahwa Allah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan, berbangsa-bangsa, serta bersuku-suku agar manusia saling mengenal dan saling mengasihi, meski terdapat banyak perbedaan. Karena dimata Allah semua SAMA. Yang membedakan hanya dari keimanan dan ketakwaannya.
Sebagai seorang muslim kita harus membiasakan diri untuk bersikap rukun baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat. Dengan hidup rukun maka hidup kita akan aman, tentram dan harmonis, selain itu dengan hidup rukun maka akan terhindar dari perselisihan dan tali persaudaraanpun akan semakin kuat.

TOLONG MENOLONG

Di dalam  Islam, tolong menolong disebut ta’awun. Dalam firman Allah surat al – Maidah ayat 2, Allah telah memerintahkan manusia untuk saling tolong menolong dengan sesame dalam perbuatan baik dan takwa. Dan melarang  kita untuk tolong menolong dalam perbuatan dosa dan saling bermusuhan.
Sebagai contoh jika kamu diajak temanmu bermain atau mengobrol ketika pembelajaran, hendaknya kamu menolaknya karena itu perbuatan yang tercela. Akan teptapi, jika kamu diajak temanmu untuk segera mengambil air wudhu ketika adzan maka kamu harus berangkat.



Setelah membaca Materi diatas silakan mengerjakan soal dibawah ini


EmoticonEmoticon